Insan Kamil official website | Members area : Register | Sign in

Tentang Buku (Gambar dan Cerita)

Selasa, 12 Januari 2010

Share this history on :

Tidak pernah ada kata terlalu dini untuk memperkenalkan buku kepada anak-anak, baik untuk dinikmati maupun nilai ajarnya. Melihat buku bersama-sama juga merupakan pengalaman yang berharga yang dapat memperkuat ikatan emosional antara orang tua dan anak. Gunakan buku sesering mungkin, jangan pernah memaksakan buku kepada anak yang pada saat itu jelas lebih menginginkan hal lain.

Menggunakan buku-buku membantu mengembangkan daya pengamatan dan kemampuan anak untuk mendengarkan. Penggunaan buku meningkatkan kemahiran mereka dalam berbincang-bincang dan mendorong keinginan untuk berkomunikasi. Penggunaan bahasa erat berkaitan kemampuan untuk berpikir. Buku-buku juga merangsang imajinasi dan mendorong pengembangan emosional karena anak mulai menghargai bagaimana perasaan orang lain. Buku-buku memperluas pengetahuannya mengenai dunia dengan memperkenalkan kepadanya situasi-situasi baru dan memperdalam pemahamannya akan hal-hal yang telah dialaminya.

Jika seorang anak biasa dengan buku-buku dan menikmati buku-buku, sangat mungkin ia ingin belajar membaca. Melihat-lihat buku pada usia dini mengajarinya kemahiran pra-baca yang berharga, seperti misalnya kewaspadaan akan rincian.

Sikap seorang anak terhadap buku dikondisikan oleh sikap orang tuanya terhadap buku. Ia akan mengira bahwa buku pantas dinikmati.
Sumber : Usborne Book
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

*