Insan Kamil official website | Members area : Register | Sign in

Anggur dan Khasiatnya

Kamis, 25 Maret 2010

Share this history on :

Tak hanya lezat untuk disantap sebagai sajian buah, anggur juga dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti gangguan pencernaan, lemah jantung dan masalah kulit.

Buah anggur merupakan tanaman merambat berbentuk bulat hingga lonjong. Kulitnya tipis transparan bewarna hijau, merah hingga hitam. Anggur mempunyai batang tegak dengan bentuk daun menjari. Buahnya ada yang berbiji atau tanpa biji dengan rasa asam dan manis. Daerah dengan temperatur hangat sangat cocok untuk pertumbuhan buah anggur.

Kandungan
Nutrisi yang terkandung pada anggur adalah artaric acid, malic acid, pectin, tanin, flavone glycosides, flavanoid, resveratrol, mineral, gula, vitamin A, B1, B2, B6, B12 dan C.

Khasiat
• Buah
Pada buah anggur terkandung flavanoid yang merupakan antioksidan kuat yang dapat memperbaiki keadaan aterosklorosis dan meningkatkan kandungan antioksidan dalam darah yang akan melindungi kerusakan pembuluh darah dan mencegah penggumpalan trambosit. Semakin gelap warna buah maka semakin tinggi kandungan flavanoidnya. Resveratrol juga berkhasiat sebagai antioksidan yang juga mengurangi pembentukan plak di dalam pembuluh darah arteri. Buah anggur juga berkhasiat menjadi pencahar ringan sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan, penawar racun, peluruh kencing, menghentikan pendarahan, melancarkan aliran darah, anti kanker dan memperkuat tubuh melawan penyakit, seperti fungsi hati yang buruk. Buah anggur yang dijadikan cuka juga berkhasiat sebagai astringen dan menyejukan kulit.
• Biji
Kandungan procyanolic oligomers digunakan untuk pengobatan varises dan gangguan vena lainnya.
• Daun
Daunnya terutama yang bewarna merah berkhasiat sebagai astringen ( zat yang berkemampuan untuk mengerutkan jaringan sehingga dapat mengurangi sekresi), antiradang, berkhasiat mengatasi tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, gangguan berkemih dan sindrom menopause.

• Ranting
Abu dari rnating anggur yang dibakar dapat membersihkan gigi yang hitam dan peluruh kencing.
Pengobatan

Daun anggur yang diseduh air panas dapat digunakan untuk pengobatan diare atau digunakan untuk berkumur yang berkhasiat mengobati sariawan, radang gusi dan sakit tenggorokan.


Bookmark and Share
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

*