Insan Kamil official website | Members area : Register | Sign in

Penting Dilakukan Seusai Berolahraga!!

Senin, 01 Maret 2010

Share this history on :
Saat berolahraga, tubuh dipacu untuk berlatih dan beraktivitas melebihi batas kemampuan. Tentunya, kondisi ini akan menyebabkan tubuh mengalami perubahan besar. Diantaranya, terjadi peningkatan suhu tubuh, detak jantung, perubahan kondisi otot dan berkurangnya cairan tubuh.

Nah, agar stamina tubuh kembali pulih, lakukanlah ritual berikut setiap kali usai berolahraga :

PENINGKATAN SUHU TUBUH
Saat suhu tubuh mengalami peningkatan, pori-pori akan melebar untuk dapat mengeluarkan keringat yang berfungsi menurunkan suhu tubuh. Biasanya pada saat ini bakteri dan kotoran akan mudah masuk.

Solusi : meskipun tubuh mengeluarkan banyak keringat seusai berolahraga, namun usahakan agar Anda tidak langsung mandi. Tubuh yang belum sempat didinginkan akan membuat suhu tubuh tetap di atas normal.

Selain itu, tubuh yang mengeluarkan keringat akan membawa serta kotoran. Jika Anda mandi sebelum keringat keluar tuntas, alhasil tubuh malah tidak bersih. Sebaiknya, ganti busana yang basah karena keringat dengan yang kering, sehingga keringat bisa keluar tuntas dan terserap.

PENINGKATAN DETAK JANTUNG
Denyut jantung yang mengalami peningkatan seusai berolahraga menandakan adanya pengiriman darah ekstra yang membawa nutrisi ke otot agar perkembangannya maksimal. Namun jika jantung tidak kembali normal, maka jantung akan terus mengirim darah ekstra ke otot, meskipun otot sudah berhenti bergerak. Akibatnya, tidak ada sisa darah untuk menutrisi organ tubuh lain.

Solusi : agar detak jantung kembali normal lakukan pendinginan seperti jalan santai di treadmill selama 10-15 menit.

PERUBAHAN KONDISI OTOT
Biasanya tubuh akan mengalami rasa pegal atau nyeri seusai berolahraga. Bila rasa pegal tersebut langsung terasa, maka itu akibat penumpukan asam laktat. Tetapi bila terdapat jeda, maka disebut Delayed Onset Muscle Soreness, yaitu rasa pegal atau nyeri berlebihan yang terjadi karena cedera pada otot mikroskopik.

Solusi : istirahat yang cukup merupakan solusi yang terbaik untuk perbaikan otot yang kemungkinan memerlukan waktu sekitar 24-48 jam. Jangan memaksanya untuk terus berlatih karena dapat menyebabkan otot cedera.

DEHIDRASI
Rasa haus yang menyerang setiap kali usai berolahraga, menandakan bahwa tubuh kekurangan cairan tubuh.

Solusi : ganti cairan tubuh yang hilang dengan mengkonsumsi banyak air putih. Untuk mengetahui jumlah cairan yang terbuang, sebaiknya Anda menimbang tubuh, baik sebelum maupun sesudah berolahraga. Lalu minumlah air putih minimal sebanyak bobot tubuh yang berkurang. Misalnya, 1 kg bobot tubuh yang berkurang setara dengan 1 lier air yang perlu dikonsumsi. http://www.conectique.com
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

*