Insan Kamil official website | Members area : Register | Sign in

Pemerintah Belum Serius Lindungi Anak dari Promosi Rokok

Sabtu, 22 Mei 2010

Share this history on :


JAKARTA--Kelly Clarkson yang baru saja menghelat konsernya di Jakarta pada Kamis (29/4) lalu menolak dikatakan tidak peduli terhadap perlindungan anak dari promosi rokok. Sehingga konsernya sama sekali tidak menunjukkan pernak-pernik iklan rokok.

''Ketika seorang diva luar negeri dengan tegas menolak dirinya dikaitkan dengan ketidakpedulian terhadap perlindungan anak dari promosi rokok, pemerintah Indonesia justru belum memberikan upaya konkret untuk melindungi anak bangsanya sendiri,'' tutur Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Seto Mulyadi, di Jakarta, Jumat (30/4).

Kak Seto, panggilan akrab Seto Mulyadi memaparkan ketika banyak negara beradab lainnya melarang iklan, promosi, dan sponsor rokok, Indonesia justru menjadi negara di mana industri rokok dengan bebas melakukan pemasarannya dalam berbagai strategi yang menarik anak dan remaja. Yaitu melalui sponsor musik, film, dan juga olahraga.

Bahkan ketika Kementerian Kesehatan mengajukan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pengamanan Produk Tembakau sebagai Zat Adiktif bagi Kesehatan di mana di dalamnya tertuang pelarangan iklan, promosi, dan sponsor rokok, banyak pihak yang menolak keberadaannya.

''Regulasi ini justru dituduh sebagai regulasi pesanan asing. RPP tentang rokok ini seharusnya dipandang sebagai salah satu upaya nyata Kementerian Kesehatan untuk melindungi segenap warga Indonesia termasuk anak,'' keluh Kak Seto.

RPP ini dijelaskan Kak Seto, berisi perlindungan rakyat dari dampak buruk rokok. Yang di dalamnya mengatur tentang pelabelan peringatan kesehatan bergambar, Kawasan Tanpa Rokok (KTR), serta iklan, promosi, dan sponsor rokok.republika.co.id
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

*