Insan Kamil official website | Members area : Register | Sign in

Pembelajaran di Rumah selama Liburan

Senin, 03 Januari 2011

Share this history on :

Liburan telah tiba, tepatnya tanggal 26 Desember 2010 sd. 3 Januari 2011. Berkaitan hal tersebut, kami sampaikan sebagian matriks pola pembelajaran di sekolah, diharapkan orang tua /wali murid melakukan pengembangan pola pembelajaran berikut ini di rumah :

1. TAHFIDZ / MENGHAFAL AL QURAN
Agar hafalan anak bia terus terjaga, maka diharapkan di rumah bsa di ulang dan bahkan di tambah jika anak telah kita pastikan sudah hafal.(daftar nama surat bisa dilihat pada lampiran)


2. KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK
Target pembelajaran berbahasa pada anak adalah untuk melatih anak agar bisa mengungkapkan perasaaan dan pikiran serta keinginan dengan cara yang jelas dan ma’ruf.Agar kemampuan berbahasa anak bisa terus terbangun maka perlu stimulasi – stimulasi. Diantaranya yang dapat dilakukan di rumah adalah dengan cara membacakan buku cerita, kemudian anak di minta untuk menceritakan kembali isi cerita. Atau melatih anak bercerita tentang kegatan – kegatan yang disenangi. Termasuk lathan untuk meminta sesuatu kepada orang lain dengan mengunakan kata – kata yang baik. Berilah hadia/apresiasi untuk mendorong anak agar mau melaksanakannya. Danjenis stmulas lainnya,yang ntinya adalah merangsang anak untuk mau mengunakan bahasa secara verbal (berbcara).


3. KEMAMPUAN MOTRIK HALUS
Untuk melatih motorik halus anak di rumah, dapat dilakukan dengan memberikan kegiatan – kegiatan seperti : Mengambar, mewarnai, mengunting, menempel, mel;ipat dan lan – lain.


4. KEMAMPUAN MOTRIK KASAR
Untuk melatih motorik kasar anak di rumah, dapat dilakukan dengan memberikan kegiatan – kegiatan seperti : lari – lari, melompat, Berenang, Dan lain – lain.


5. IBADAH
Untuk menumbuhkan kegemaran beribadah, maka anak dilatih untuk melakukan ibadah sholat, dengan cara melibatkannya dalam setiap akivitas sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunnah.


Semoga agenda ini bisa berjalan dengan baik dan dimudahkan oleh ALLAH SWT untuk mencapai hasil yang optimal. Amin Ya Robbal ’Alamiin.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

*