Insan Kamil official website | Members area : Register | Sign in

Mengenalkan proses pengolahan susu murni pada Anak

Rabu, 20 Januari 2010

Share this history on :

Senin, 18 Januari 2010, PG/TKIT Insan Kamil Malang mengadakan pembelajaran luar. Tepatnya di Laboratorium Lapang Peternakan Universitas Brawijaya Malang, yang berlokasi di Sumber Sekar, Dau Kabupaten Malang. Laboratorium peternakan milik salah satu Universitas terkemuka ini, menempati lahan yang cukup luas.
Pagi itu, setelah senam dan ikrar anak sholeh semua berkumpul di halaman depan sekolah.
Tepatnya pukul 08.15 Wib, Ustadzah Ira, mengecek kehadiran TK A, Ustdzh Fitri PG dan Ustdzh Ulul Ilmi TK B. Sedikit pengantar pembelajaran luar di sampaikan Ustdzh Ulul, “Anak2ku yang sholeh& Sholehah, hari ini, kita semua akan melihat salah satu kebesaran Allah Swt., yakni kita akan melihat binatang ternak Ayam, Kambing dan Sapi, serta akan belajar bagaimana pengolahan susu yang kita minum setiap hari. Sudah siap semua..?, Anak2 menjawab: Siaaap…!!. Baik, sebelumnya mari kita baca doa keluar dan dilanjutkan dengan doa naik kendaraan, setelah itu anak2 berbaris dua2, memasuki kendaraan yang sudah menunggu di jalan depan sekolah.”
Perjalanan 30 menit, tidak begitu terasa. Pak Suswanto sopir Angkot JDM, dengan teman2 sopir yang lain, megambil rute jalan yang, Subhanallah…., luar biasa indah pemandangannya, sawah membentang luas, sejuk, segar dan suasana alami perumahan yang sangat menakjubkan. Jauh dari hiruk pikuk, dan kemacetan kota Malang sehari-hari ditambah dengan berjejernya RuKO hampir di setiap jalan raya kota ini, seakan mengurangi kesegaran dan kesejukannya.
Kurang lebih pukul 09.00an, kami sudah memasuki area Laboratorium Lapang, petugas pemandupun sudah menyambut kami dengan hangat. Selanjutnya anak2 dijelaskan terkait binatang ternak yang ada, sambil berjalan menyusuri satu persatu kandang tempat binatang ternak tersebut. “Anak2, ini adalah sapi perah, sapi yang diambil susunya yang diminum anak2 semua, kata petugas pemandu. Sapi perah ini diambil susunya setiap 2x sehari yakni waktu pagi dan sore hari, bisa juga 3x. Setiap hari Sapi ini juga dimandiin. Anak2 mandi setiap hari..?,Tanya petugas pemandu. Iya….iya, jawab anak2 kompak. Petugas pemandu melanjutkan, tapi sapi ini tidak gosok gigi, kalau anak2 gosok gigi..tdak?, Gooosok gigi dooong, jawab anak2 kompak.”. Kemudian anak2 melanjutkan ke kandang sapi potong. “Ini sapi potong, yang dagingnya kita makan sehari-hari. Yang coklat itu Limosine namanya, terus ada sapi local. Itu anak sapi yang baru lahir, kata petugas. Anak2 dengan berdesak2an melihat anak sapi. Lucuu…, kayak kambing, kata anak2.”.
1 jam lebih kami mengelilingi Laboratorium Lapang Peternakan Universitas Brawijaya ini, saatnya anak2 bersiap untuk praktek memerah susu. Petugas telah menyiapkan seekor kambing untuk diperah susunya oleh anak2. Semangat sekali anak2 memerah susu dari kambing ini, baik yang ikhwan (putra) maupun akhwat (putri). “Hai.., lihat keluar susunya, kata anak2, sambil bergilir bergantian memerah nya.” Terlihat keceriaan di wajah2 mereka. Sebelum pembelajaran berakhir, beberapa di antara anak2 ada yang mencicipi susu olahan Laboratorium Lapang Peternakan Universitas Brawijaya Malang ini. Dan setelah beristirahat sejenak tiba saatnya berpamitan dengan semua petugas yang ada sekaligus ucapan terima kasih tak terhingga atas pembelajaran yang diberikan. Moga Allah Swt, membalasnya. Amin.
Tidak terlihat rasa capai pada anak2, sepanjang perjalanan pulang mereka bercerita pengalaman masing2, sambil bernyanyi di angkutan kota yang membawa rombongan. Moga pembelajaran ini, menambah bekal bagi kehidupan mereka yang masih panjang. Menjadi anak2 yang mengagungkan kebesaran Allah Swt, dan mensyukuri segala yang ada.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

*