Insan Kamil official website | Members area : Register | Sign in

*** Hafidz Qur’an Bisa Masuk Tanpa Jalur Tes di UNS

Kamis, 23 Februari 2012

Share this history on :
Keluarga muslim disarankan menjalankan program Islamic Homeschooling (IHS). Itu salah satu pesan yang saya tangkap ketika mengikuti seminar Islamic Homeschooling di Surabaya beberapa waktu lalu. Dan program utama dalam IHS tersebut adalah program tahfidz, yaitu hafalan Qur'an. Umat islam punya beragam alasan mengapa tahfidz qur'an penting, semua telah tertuang jelas dalam syariat islam.
Satu hal yang sempat membuat saya bertanya-tanya tentang kebenarannya, sang ustadz mengabarkan bahwa saat ini hafidz Qur'an bisa memiliki peluang emas untuk masuk ke perguruan tinggi tanpa melalui jalur tes. Dan perguruan tinggi yang telah siap dengan program tersebut adalah UNS Solo. Karena masih penasaran, akhirnya saya googling, dan benarlah apa yang dikatakan ustadz Fuad Al-Hazimy, berita itu bukanlah isapan jempol belaka.
Berikut ini saya kopas beritanya. Ada 2 sumber, silahkan simak keduanya. Dan mari kita kuatkan niat untuk menjadikan putra-putri kita menjadi hafidz-hafidzoh. Eh tapi motivasinya bukan agar bisa ambil jalur pintas lolos masuk PTN loh. Motivasinya tetap lillaahi ta'ala.

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan langkah terpuji. Mulai tahun depan (berita ini ditulis Agustus 2011), siswa setingkat SMA yang hafal Alquran (hafidz) bisa masuk melalui jalur tanpa tes di universitas tersebut.
‘’Keputusan ini sudah mendapatkan persetujuan dan dukungan dari semua pihak. Tahun depan kami rencanakan dimulai, hafidz Quran akan diterima tanpa tes di UNS,’’ kata Rektor Prof Ravik Karsidi.
Saat menutup tarawih di kantor pusat UNS yang berlangsung tujuh kali sejak awal Ramadan lalu, dia mengatakan hal itu sebagai sebuah dukungan atas upaya memberikan nuansa kerohanian bagi kampus.
‘’Kami ingin membentuk insan yang tidak saja memiliki kecerdasan otak, namun sekaligus juga memiliki kesalehan social yang dilandaskan pada ajaran agama, khususnya Alquran,’’ kata dia.
Karena itulah keberadaan para hafidz di kampus itu, diharapkan akan menularkan virus kesalehan seorang manusia yang memiliki ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sekaligus diharapkan akan membawa kesalehan bagi para warga kampus lainnya.
Tidak hanya itu, Ravik juga meminta kepada pengelola fakultas sampai ke jurusan maupun program studi, untuk menjadwalkan secara rutin adanya tausiah ataupun semacam pengajian rutin di lingkungan mereka.
‘’Saya yakin ini salah satu upaya membentuk manusia Indonesia yang berkarakter. Pendidikan karakter itu harus ditanamkan melalui pemahaman agama secara baik oleh semuanya. Karena itu diharapkan langkah ini bisa berlanjut terus,’’ kata dia.
Rektor juga meminta kepada dosen agama Islam di setiap fakultas untuk memelopori kegiatan tersebut di lembaganya. Mereka harus bisa menjadi contoh dalam pengalaman nilai keagamaan bagi lainnya.
‘’Saya ingat di awal-awal bekerja di UNS ini, ada semacam ketakutan atau keengganan seorang dosen yang menunjukkan identitas keislamannya. Situasi dan kondisinya saat itu memang berbeda dengan sekarang,’’ kata dia.
Namun saat ini, justru setiap warga kampus harus bisa menjadi pelopor dalam mengamalkan ajaran agamanya, dan menunjukkan jati dirinya sebagai seorang Islam yang memiliki kesalehan. (Joko Dwi Hastanto/CN34/JBSM/SMCN)
Sumber: http://www.dakwatuna.com/2011/08/14265/tahun-depan-hafidz-al-quran-masuk-tanpa-tes-di-uns/#ixzz1n8PtLhmZ


ELHOODA

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dibawah kepemimpinan Rektor Professor Ravik Karsidi melakukan sebuah langkah yang sangat terpuji dan patut dicontoh oleh perguruan tinggi negeri lainnya. Mulai tahun ini, para siswa setingkat SMA yang hafal Al Qur’an (Hafidz/Hafidzoh) minimal 10 Juz dapat masuk UNS Surakarta melalui jalur tanpa tes alias PMDK.
Ini merupakan gebrakan baru yang terbilang fenomenal, fantastis, dan bombastis mengingat UNS Surakarta adalah sebuah universitas negeri yang bersifat umum bukan universitas yang berbasiskan Islam seperti STAIN atau UIN. Para Hafidzul Qur’an ini mempunyai kesempatan yang sama untuk masuk UNS Surakarta melalui jalur PMDK Prestasi Khusus.
Untuk informasi selengkapnya, silahkan anda baca tulisan tentang Informasi SPMB PMDK Diploma UNS Surakarta Tahun 2012.
Mudah-mudahan langkah yang dilakukan UNS Surakarta ini memberikan keberkahan bagi kampus tersebut dan seluruh civitas akademik UNS. Dan diharapkan bisa dicontoh atau ditiru oleh universitas-universitas lainnya baik negeri maupun swasta.
Bravo UNS Surakarta!
Sumber
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

*